Wednesday, January 6, 2010

Jadilah Lisan Yang Adil

Disadari atau tidak, sering kita jumpai orang yang mengucapkan kejelekan orang lain dengan lisannya. Bahkan mungkin kita sendirilah yang melakukannya. Padahal yang kita bicarakan adalah saudara muslim kita sendiri. Hanya karena sedikit kesalahan yang dia lakukan, maka seolah-olah hilang semua kebaikan atau jasanya. Hm...jadi ingat sebuah perumpamaan kertas putih.
Apabila diatas kertas putih tersebut diberi satu bercak hitam, kemudian ditanyakan pada orang lain apa yang ia lihat? Maka sebagian besar orang akan menjawab "disana hanya ada noda hitam" dan sebagian kecil akan menjawab "itu adalah kertas putih dengan sedikit noda hitam". Mungkin sudah menjadi watak sebagian kita lebih mudah melihat kekurangan orang lain, disamping kelebihannya. Lebih parah lagi merasa senang dengan membicarakannya dengan orang lain. Padahal kelebihannya jauh lebih banyak.
Semoga tidak demikian dengan pembaca yang budiman :D
Ada sebuah nasihat dari seorang ulama (lupa namanya... :S) yang saya kutip dari kitab Rifqon Alussunnah bi Ahlissunnah:
"Orang yang faqih adalah orang yang banyak benarnya dan sedikit salahnya. Orang yang bodoh adalah orang yang banyak salahnya dan sedikit benarnya"

No comments:

Post a Comment

Thanks for your comment

Related Post