Sunday, December 27, 2009

Tips Aman Membeli BlackBerry


Yang paling aman dan nyaman adalah membeli Garansi Resmi, tinggal datang ke outlet, pilih seri, dan aktivasi langsung di tempat. Namun kalau dana terbatas dan bingung harus memilih antara BlackBerry Garansi Distributor, Garansi Toko, ataupun Non-Garansi, ada baiknya perhatikan langkah-langkah di bawah ini.

1. LOCKED / UNLOCKED
Handset tersebut biasanya dibeli dalam kondisi LOCKED. Namun melewati proses unlock BlackBerry ini sudah dapat digunakan, pastikan bahwa handset Anda sudah di-unlocked.
Cara memeriksa handset sudah di Unlocked atau belum :
* Pilih [Options] =>[Advanced Options] => [SIM Card]
* Pada layar yang muncul, ketik MEPD di keyboard, menu baru akan muncul, dan pastikan semua opsi dalam kondisi DISABLED

2. PIN dan IMEI
Blackberry berbeda dengan ponsel-ponsel jenis lainya, karena dilengkapi dengan 2 identitas yaitu PIN (Personal Identification Number) dan IMEI (International Mobile Equipment Identity). PIN digunakan oleh RIM untuk mengidentifikasi BlackBerry yang akan menggunakan BlackBerry Service dari RIM atau dengan kata lain saat registrasi layanan BlackBerry PIN dan IMEI ini diperlukan sebagai identifikasi perangkat ketika berada dalam jaringan server BlackBerry. PIN bersifat mengikat di setiap handset BlackBerry, sistem Push Mail BlackBerry ataupun Konektivitas serta Keamanan-nya ditandai dari PIN ini Pula.
Nomor PIN ini juga berlaku sebagai ID yang digunakan dalam BlackBerry Messenger (BBM) sehingga PIN berfungsi sebagai nomor telepon kedua untuk berhubungan dengan sesama handset BlackBerry.
Jika PIN dari BlackBerry Anda Palsu atau hasil Clonning, maka Anda kan menemukan masalah untuk mengakses layanan BlackBerry. Hal ini seringkali terjadi ketika pengguna BlackBerry membeli Handset BlackBerry dari pasaran tak resmi alias black market.
Untuk itu, Anda harus mengecek benar-benar nomor PIN dan IMEI. informasi PIN dan IMEI yang tercantum pada dus, pada stiker dalam ruang baterai handset BlackBerry, dan harus sama dengan yang tertera dalam handset BlackBerry. Caranya :
* Anda bisa masuk ke [Options]=>[Status] atau dengan menekan tombol (alt kiri+shift kiri+h) di keyboard. Disini Anda akan menemukan informasi nomor PIN dan IMEI yang tercantum dalam sistem BlackBerry.
Jika sama, berarti Anda sudah terlepas dari kemungkinan PIN palsu ataupun PIN cloning. Tapi ini bukan berarti Anda terlepas dari PIN Suspend.
Jika BlackBerry Anda Suspended Anda tidak bisa menggunakan handset Anda untuk berlangganan layanan BlackBerry. PIN tersebut di blok oleh RIM dikarenakan oleh beberapa sebab sperti handset merupakan hasil curian, cloning, sales fraud dsb.
Jika satu handset Blackberry dilaporkan hilang, maka RIM akan mengeluarkan PIN tersebut dari server dan secara otomatis PIN tersebut tidak akan lagi dikenali dan tidak akan bisa dipakai lagi untuk mendapatkan layanan BlackBerry Service dan internet, namun Anda tetap bisa melakukan panggilan Telepon dan SMS.
Jika PIN terdeteksi oleh operator ataupun RIM sebagai PIN Ganda, maka handset BlackBerry yang mengalami penggandaan tersebut akan diblokir terlepas dari apakah Anda pemilik resmi maupun tidak. Maka dari itu hati-hati dalam menyimpan dan membagiakan nomor PIN dan IMEI Anda.
Deteksi PIN Suspend dan BlackBerry Bekas
Deteksi PIN Suspend, lakukan proses Wipe, selanjutnya siapkan kartu SIMcard yang sudah aktif layanan BlackBerry Servicenya, lalu perhatikan simbol gprs/edge/3g; jika dalam kondisi huruf kecil bukan kapital (GPRS/EDGE/3G) dipastikan BlackBerry tersebut SUSPENDED dan tidak ada bisa diatasi dengan cara apapun yang legal dan tidak merugikan orang lain. Jika Anda menemukan Handset yang seperti ini, apapun perkataan sang penjual, tutup telinga Anda dan jangan membeli handset BlackBerry tersebut.
Handset BlackBerry yang bermasalah biasanya dijual dengan harga yang sangat miring, karenanya Anda harus curiga ketika ditawari handset dengan harga yang jauh lebih murah dari harga standar pasaran.
Ketika membeli BlackBerry Baru, pastikan produk tersebut memang benar-benar tidak pernah terpakai. Untuk melakukan pemeriksaan lakukan langkah ini
[option]->[status] ketik BUYR (Kiped QWERTY) atau BUZR (Kiped QWERTZ) sehingga muncul info baru yaitu “Data Usage” dan “Voice Usage”, jika Anda menemukan data tersebut dalam kondisi bukan 0 (nol), dipastikan handset tersebut pernah digunakan sebelumnya.
Ciri Garansi BlackBerry
GARANSI RESMI

1. BlackBerry bergaransi resmi hanya diberikan oleh operator lokal
2. BlackBerry bergaransi resmi memiliki logo operator lokal pada body Blackberry, layar utama BlackBerry, maupun pada kartu garansi
3. Produsen BlackBerry yaitu RIM tidak pernah menjual langsung BlackBerry kepada toko-toko penjual ponsel, namun dijual kepada operator lokal yang selanjutnya operator tersebut menunjuk pihak ke-3 sebagai distributor resmi.
4. Garansi Melingkupi Jaminan Service dan SparePart
5. BlackBerry ini hanya dapat menerima SIMCard operator yang memberikan garansi
GARANSI DISTRIBUTOR
1. Merupakan BlackBerry tidak resmi yang membayar pajak kepada DirJenPosTel (Stiker DJPT)
2. Logo yang tertera pada BlackBerry adalah logo operator luar ataupun kosong tanpa logo
3. Garansi Melingkupi Jaminan Service dan Sparepart
4. BlackBerry ini sudah dapat menerima SIMCard operator manapun karena distributor membeli UNLOCK CODE dari operator asal atau membuka UNLOCK CODE dengan cara tertentu
GARANSI TOKO
1. Merupakan BlackBerry tidak resmi (Ilegal)
2. Logo yang tertera pada BlackBerry adalah logo operator luar ataupun kososong tanpa logo
3. Garansi sesuai dengan perjanjian dengan toko dimana Anda membelinya biasanya antara 3 hari sampai dengan 3 minggu.
Jenis-Jenis BlackBerry Menurut Cara Penjualannya
Di pasaran Indonesia Setidaknya ada tiga jenis penjualan BlackBerry Yaitu

1. Refurbish
Refurbish adalah BlackBerry (BB) bekas yang dirapihkan kembali dengan mengganti beberapa sparepart agar kelihatan seperti baru, harganya murah namun memiliki faktor resiko paling tinggi dibandingkan jenis penjualan BB lainnya. Umumnya dari tampilan fisik BB refurbish ini sulit dibedakan namun akan ketahuan dengan cara membongkar bodynya.
2. Black Market (BM)
Istilah ini merujuk pada barang-barang yang melalui jalur tak resmi. Membeli produk BM meskipun itu garansi distributor non-resmi selama 1 tahun harus tetap bersikap waspada. Ini karena produk semacam ini bukan untuk dijual di Indonesia. Sebagai bukti yaitu IMEI-nya tidak terdaftar di Indonesia.
3. Original
Yang dimaksud dengan versi ini adalah produk BB yang melalui jalur resmi yaitu dengan proses
RIM -> Operator Lokal -> Distributor Resmi -> User.
Ciri-ciri BB Resmi
1. Pada handset BB terdapat logo operator lokal Negara penjual (Indosat, Telkomsel, XL)
2. Pada kartu garansi tertera logo operator lokal dan operator tersebut yang menjamin servis dan sparepart BB yang Anda beli
3. Nomor IMEI dan PIN yang tertera dalam system handset BlackBerry seragam dengan yang tertera di stiker ruang baterai handset BB dan dus. Pastikan Anda membuka BB tersebut di depan Seller dan melakukan uji coba handset sebelum membawanya pulang. Karena jika handset memiliki nomor PIN dan IMEI yang berbeda dari yang ada di dus, maka akan sulit bagi Anda untuk melakukan klaim.
4. PIN dan IMEI terdaftar untuk penggunaan di Indonesia
5. Untuk melakukan cek tersebut Anda bisa masuk ke website ini : DI SINI
http://www.numberingplans.com/?page=…rrent_page=110

No comments:

Post a Comment

Thanks for your comment

Related Post