Monday, December 21, 2009

Tips Mengunjungi Situs Warisan Dunia


Traveling di Situs Warisan Dunia sungguh sangat membanggakan. Sebuah petualangan menuju lingkungan yang unik, menggengam budaya setempat, menjadi bagian dari kehidupan yang berbeda dan tentu membangun kenangan yang tak terlupakan. Dibawah ini adalah tips untuk membantu meningkatkan apresiasi dan memberikan benefit bagi situs Warisan Dunia yang kita kunjungi.

Sebelum Traveling

  • Cari tahu sebanyak mungkin info. Semakin kita mengetahui tentang situs Warisan Dunia sebelum kita datang, semakin membuatnya hidup. Lihatlah info mengenai sejarah situs, budaya, lingkungan alam, adat istiadat, legenda setempat, petunjuk/peringatan dsb. Website dari Pusat Situs Warisan Dunia UNESCO ( http://whc.unesco.org) adalah titik awal yang bagus.
  • Belajar beberapa patah kata dari bahasa setempat. Tunjukan upaya untuk berbicara dalam bahasa setempat yang bisa membawa untuk berinteraksi dengan orang-orang yang mungkin lebih tahu tentang situs. Penduduk akan menghormati upaya dan ketertarikan anda untuk belajar. Kata sederhana sepert “Apa kabar”, “ Tolong”, “Terimakasih” bisa sebagai awal.
  • Packing ringan. Selalu saja ada godaan untuk membawa semua barang yang kita butuhkan, tetapi ingatlah untuk selalu pintar memilih. Membungkus items seperti kotak kertas atau plastik pembungkus untuk pasta gigi yang baru, tentu memakan tempat dan menciptakan sampah yang berlebihan.
  • Pilihan akomodasi. Lihatlah hotel yang mempunyai pernyataan resmi tentang pengaruh lingkungan terhadap system kerja dan kebijakan menurut budaya setempat. Prinsip-prinsip Aliansi Situs Warisan Dunia dapat menjadi guideline untuk memilih hotel.
  • Explore pilihan transportasi. Ingat bahwa travelling memberikan efek kepada lingkungan. Dimanapun berada, cobalah untuk meminimalkan polusi dan pengaruh terhadap lingkungan dengan mencari alternative transportasi dan menanggalkan emisi karbon.

Ketika Traveling

  • Terlibat dengan budaya lokal. Sebuah ungkapan, “Ketika berada di Roma, berlakulah seperti orang Romawi” masih berlaku untuk saat ini. Perjalanan anda akan menghasilkan kesempatan emas untuk mengekplorasi budaya baru dan melihat dunia dari perspektif yang berbeda. Ingat juga untuk mencoba menyantap makanan lokal, belanja di pasar setempat dan menghadiri festival atau perayaan sebagai bagian dari pengalaman budaya.
  • Membeli produk dan menggunakan jasa lokal. Memilih untuk mendukung pebisnis lokal, tur operator yang dijalankan komunitas berarti anda akan memperoleh pengalaman dan memberikan uang anda langsung kepada komunitas lokal. Sebelum membeli barang, tanyakan dulu asal barang tsb. Hindari membeli barang yang dapat mengancam sumber alam dan laporkan adanya perburuan liar atau illegal kepada pihak berwajib.
  • Hindari menawar dengan agresif. Sangat sulit untuk mengetahui batas menawar, jadi jika anda tidak yakin tanyakan pada pegawai hotel untuk saran berguna. Ingatlah bahwa membeli barang bisa berakibat langsung kepada kehidupan penduduk setempat. Putuskan apakah perlu memberikan ekstra tip jika di kemudian hari memberikan efek yang besar.
  • Sewa guide setempat. Perkaya pengalaman dengan memilih guide dari lokal yang mempunyai tingkat pengetahuan tentang destinasi. Tanyakan lokal tur operator atau hotel untuk rekomendasi yang baik.
  • Perlakukan situs dengan hormat. Destinasi yang kita tuju adalah mempunyai nilai lebih dari sisi kekayaan alam dan budaya. Buatlah mereka tetap terjaga dengan berjalan di trail yang sudah disediakan, menghormati jagawana/ penjaga situs, dan jangan mengambil artifak arkeologi atau biologi dari situs.
  • Hormati lingkungan alam. 3R –Reduce-Reuse-Recycle yakni kurangi, gunakan kembali, daur ulang. Walaupun kita hanya mengunjungi, buanglah sampah pada tempatnya, meminimalkan konsumsi air dan enerji yang akan memberikan benefit bagi situs dan penduduk setempat.
  • Think of the big picture atau pikirkan dalam skala yang lebih luas. Mendukung ekonomi lokal adalah hal yang penting, tetapi beberapa aktvitas tourism dapat membuat sebuah situs Warisan Dunia menjadi rapuh. Bilanglah “Tidak” untuk souvenir yang merupakan bagian dari situs itu sendiri, dan aktivitas pengunjung yang dapat mengancam kelangsungan hidup situs tadi.

Setelah Traveling

  • Sebarkan tips untuk travel yang bertanggungjawab (responsible tourism). Bagikan kepada keluarga dan kawan tentang indahnya kenangan ketika kita mengunjungi situs tadi. Jangan lupa bagikan tips sehingga mereka bisa memberikan pengaruh positif pada situs Warisan Dunia ketika melakukan perjalanan berikutnya.
  • Bagikan photo dan catatan anda. Photo dapat mengungkap seribu kata. Tunjukkan dan bagikan tentang pengalaman mengunjugi Situs Warisan Dunia melalui Friends of World Heritage Photo Contest.
  • Makin menjelajah. Traveling hanyalah awal untuk belajar. Ketika kita tiba di rumah, teruskan untuk mempelajari dan makin terlibat pada issue penting di daerah. Bangun pengetahuan dan juga terus mempelajari situs Warisan Dunia yang lain.
  • Berikan kembali. Traveling terkadang membuka mata dan hati terhadap sesuatu yang baru, Anda dapat meneruskan untuk memberikan inspirasi kepada generasi selanjutnya tentang situs Warisan Dunia dengan mendonasi sejumlah uang pada Friends of World Heritage Fund.

Sumber : terjemahan bebas dari http://www.friendsofworldheritage.org/issues/traveling-responsibly/tips.html

No comments:

Post a Comment

Thanks for your comment

Related Post