Tuesday, July 24, 2012

Tips Apabila Handphone Anda Kemasukan Air


Selalu ada kemungkinan hape terjatuh ke dalam air tanpa disengaja, atau basah kuyup karena kehujanan. Padahal seperti diketahui kalau barang elektronik  itu sangat rentan rusak jika terkena air. Sebelum buru-buru memperbaikinya ke teknisi, ada baiknya Anda berusaha terlebih dahulu menyelamatkan hape itu. Siapa tahu hape Anda pulih tanpa perlu ke bengkel. 
  • Jika hape terendam, keluarkan dari air secepatnya untuk mencegah komponen bagian dalam terkontaminasi air. Dalam beberapa kasus, casing ponsel memang cukup rapat untuk mencegah rembesan air. Namun hal ini hanya akan bertahan selama beberapa puluh detik.
  • Segera keluarkan baterai dari dalam hape. Memutus aliran sumber daya angatlah penting untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan hape. Beberapa sirkuit elektronik bisa tetap bertahan dalam keadaan basah, jika tidak terhubung dengan sumber daya.
  • Segera keluarkan juga kartu SIM Anda untuk mencegah kemungkinan kerusakan atau kehilangan data. Anda tentu tak ingin phonebook atau SMS penting Anda lenyap. Biarkan kartu SIM Anda sampai benar-benar kering sebelum Anda mengecek kondisinya.
  • Keringkan hape sampai benar-benar kering. Gunakan kain yang bisa menyerap air. Jika ada, gunakan juga pengering rambut alias hair dryer. Namun pastikan hape Anda jangan sampai terlalu panas. Jangan pula meletakkannya di microwave. Hape yang terlalu panas bisa meledak.
  • Uji coba kondisi hape Anda setelah benar-benar kering. Jika ngadat, periksalah apakah hape atau baterai Anda yang rusak, dengan memakai baterai cadangan. Jika hanya baterainya yang rusak, Anda tinggal membeli yang baru.
  • Jika seluruh langkah tersebut telah Anda lakukan namun hape tetap mengalami kerusakan, apa boleh buat, Anda tampaknya harus mengandalkan jasa teknisi yang terpercaya.

No comments:

Post a Comment

Thanks for your comment

Related Post