Monday, July 23, 2012

5 Keahlian di Bidang IT Yang Paling Dibutuhkan

Perkembangan teknologi informasi (IT) sudah merambah ke berbagai bidang kehidupan manusia, yang menyebabkan kebutuhan akan tenaga kerja IT yang profesional juga meningkat. Berikut adalah 5 keahlian IT yang paling dibutuhkan perusahaan untuk membantu kelancaran bisnis mereka.

1. Application Developer. Keahlian programming dan pengembangan aplikasi sangat dibutuhkan untuk menduduki posisi ini. Terutama apalikasi bergerak atau mobile application yang bisa diakses dari perangkat bergerak atau mobile device. Skill yang bisa dipelajari antara lain Java, mySQL, PHP, .NET, Ruby, Ajax, Silverlight dan Phyton.

2. Project Manager. Project Manager bertugas merencanakan dan mengawasi suatu proyek di bidang IT seperti pembuatan website atau pengembangan aplikasi dan sebagainya sehingga proyek berjalan lancar, tepat waktu, sesuai budget dan berfungsi sempurna.

3. Networking. Networking atau jaringan merupakan bagian terpenting perusahaan dan menjadi perangkat wajib dipasang untuk menghubungkan perusahaan dengan dunia luar. Konsep-konsep dasar jaringan, seperti TCP/IP, Ethernet, serat optis, dan komputasi jaringan harus dikuasi untuk menduduki posisi ini. Pengetahuan teknologi nirkabel seperti Wi-Fi, WiMax, dan Bluetooth serta sistem keamanannya juga akan menjadi nilai plus.

4. IT Security. Pihak perusahaan juga membutuhkan suatu sistem pengamanan data yang canggih supaya data perusahaan dan semacamnya tidak hilang dan dicuri. Disinilah perananan IT Security diperlukan seperti keahlian dalam manajemen identitas dan akses, penilaian ancaman dan kerentanan, enkripsi, menghindari kehilangan data, analisa insiden, audit, biometrik, penyaringan konten web, keamaan sistem voice-over-IP, dan dukungan e-discovery untuk proses pengadilan.

5. Data Center Administrator. Kebutuhan penempatan data perusahaan dengan sistem storage untuk keefesienan membutuhkan tenaga data center administrator yang handal. Mereka ini harus mampu berfikir strategis, apakah telah menempatkan hal yang benar di tempat yang benar, dan mengeluarkan dana yang tepat untuk urusan maintenance, back-up data dan keamanan data.


Sumber

No comments:

Post a Comment

Thanks for your comment

Related Post