Tuesday, September 20, 2011

Avast 6 + Serial Sampai 2038


Antivirus adalah (menurut saya) mutlak bagi pemilik perangkat computer, baik yang terhubung internet atau tidak. Karena berbagai macam resiko bisa terjadi, dari yang ringan hingga yang berat, pada computer. Resiko itu bisa disebabkan oleh virus, worm, Trojan, keylogger, dan berbagai script membahayakan lainnya. Bayangkan kita sedang semangat-semangatnya mengerjakan tugas penting, tiba-tiba muncul pesan pada layar kalau computer kita diambil alih dan tidak bisa kita apa-apakan (kayak virus brontok jaman kuliah dulu). Parah lagi kalau sampai data penting ikutan hilang ditilep virus.

Untuk mencegahnya, karena mencegah lebih baik dari mengobati, kita bisa install sebuah antivirus di computer setelah install windows. Pilih antivirus yang handal dalam proteksi, fasilitas lengkap, update mudah, murah (kalau bisa mah gratis), dan tidak terlalu banyak membebani kinerja computer alias tidak memakan banyak resource.

Sudah beberapa antivirus yang saya coba (and semua gratisan, ga punya uang buat beli yang pro), antara lain: AVG, Norton, Symantec, Avira, Vipre, dan yang terakhir hinggap di Avast. Sebelum avast, beberapa antivirus sebelumnya saya anggap tidak cocok dengan selera saya. Alasannya ada yang daya deteksinya kurang (like AVG), membebani kinerja computer (like Norton and Symantec, satu perusahaan sih), atau malah terlalu tajam deteksinya (like avira and Vipre) sehingga file-file crack selalu dianggap sebagai virus (ga bisa bajak software donk, haha), dan update yang susah/lama (Vipre nih).

Tapi, setiap antivirus tentu punya kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan antivirus-antivirus yang saya sebutkan tadi. Akhirnya pilihan jatuh pada avast, yang terbaru sih avast 6.0.1289. Fiturnya komplit, ada web protection kalo pas internetan (web shield, mail shield, network shield), jadi mengurangi penularan virus melelui internet ke computer kita. Ada file system shield n behavior shield yang akan melindungi computer kita buat operasi sehari-hari, sehingga mengurangi resiko tertular virus dari removable media seperti flash disk. Ada virtual environment nya jg (namanya Autosandbox), yang akan menghindarkan computer kita dari program-program yang dianggap akan menimbulkan resiko oleh avast.

Namun satu kekurangannya, kita mesti register dulu untuk mendapatkan key-nya yang berlaku untuk setahun, dan dapat diperpanjang lagi dengan cara register lagi untuk mendapat kode yang baru. Tapi jangan khawatir, register nya free kok. Kalau saya sih pakai key yang sampai tahun 2038, yang lupa saya dapat darimana tuh key-nya, tapi manjur kok, alias berfungsi baik. Mau? Download di sini ya…

Download avast

Download update avast

No comments:

Post a Comment

Thanks for your comment

Related Post